RESUME PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI



Pada hari Jum’at tanggal 27 Agustus 2010, saya ada kuliah mengenai Pengantar Teknologi Informasi di ruangan H5 206 Universitas Negeri Malang. Sementara itu dosen pengajarnya bernama bapak Didik Dwi Prasetya, beliau bukan hanya dosen mata kuliah tersebut tetapi juga dosen pendamping akademis saya.
Pada hari tersebut merupakan hari pertemuan yang kedua yang mana materi yang akan disampaikan dalam pertemuan hari itu ialah mengenai Teknologi Informasi dan Komponen-komponen yang terkandung didalamnya, diantaranya sebagai berikut:
  1. Data
  2. Informasi
  3. Perbedaan data dengan informasi
  4. Abad informasi
  5. Masyarakat Informasi
  6. Teknologi Informasi
  7. Tujuan dan fungsi IT
  8. Komponen IT (HW, SW, BW)
  9. Penerapan IT
  10. Tugas
Dalam pertemuan hari itu beliau menyampaikannya dengan cara presentasi menggunakan slide presentasi powerpoint serta menjelaskan subbahasan dalam pertemuan itu dalam presentasinya. Diantaranya mengenai apa itu data?, apa saja jenis data?, apa itu informasi?, apa perbedaan data dengan informasi?, dll. Sementara itu, pada waktu beliau  menyampaikan materi tersebut, beliau bertanya kepada mahasiswanya, pak didik:”Menurut kalian, apa definisi dari data?”., lalu ada teman saya yang menjawab,”data merupakan raw material atau bahan mentah yang masih perlu diproses lagi agar bisa dimanfaatkan”. Kemudian saya tak mau kalah, saya mencoba menjawab,”Menurut saya, data merupakan kumpulan fakta mengenai suatu objek, manusia, dll”.lalu pak didik menjelaskan data itu seperti apa. Selain itu juga, ternyata mata kuliah ini tidak membosankan karena sebagai seorang IT tidak selalu membuat program melainkan harus mengerti juga arsitektur, organisasi, dan system computer itu, dengan adanya mata kuliah ini diharapkan seorang calon pendidik informatika dapat ‘melek’ (terbuka wawasannya) mengenai teknologi-teknologi yang berkembang di masa kini.
Kesimpulan pada pertemuan yang kedua matakuliah Pengantar Teknologi Informasi ini ialah data merupakan kumpulan fakta dan diperlakukan sebagai raw materials. Jenis-jenis data antara lain teks, gambar, video, audio, dll. Sedangkan informasi merupakan Data yang memiliki makna di dalam konteksnya, data yang saling berhubungan, atau data setelah dimanipulasi. Adapun sifat informasi diantaranya adalah Perfect (sempurna, pasti)dan Imperfect (tidak sempurna, mengandung unsur ketidakpastian).
Jika Anda tertarik dengan materi presentasi diatas, silakan Anda download filenya dengan cara Click Here.

Artikel Terkait

 
Copyright © 2009 - 2013 info-rastrapermana
Avatar Gamezine Designed by Cheapest Tablet PC
Supported by Phones 4u